Minggu, 30 Desember 2012

Beberapa tipe cinta


Artikel saya kali ini tetap membahas hal yg sama, yaitu cinta. Didalam dunia ini banyak orang yg mungkin memliki cinta yg amat sangat besar terhadap seseorang, tapi apakah anda tahu cinta bisa di golongkan tergantung bagaimana sikap anda dan pemikiran tentang hubungan yg sedang anda jalani?
John Lee dalam bukunya yg berjudul ‘The Colours of Love’ menuliskan tentang beberapa tipe cinta dengan teori lingkaran warna. Lingkaran warna ini adalah sebuah beberapa warna yg komplementer. Lee menjelaskan tentang 3 tipe cinta yaitu tipe Eros, Ludos dan Storge.

Eros adalah perasaan cinta yg beberapa orang menganggapkan ideal. Ciri dari tipe ini adalah sangat memperhatikan fisik, cintanya bermulai dari pandangan pertama dan fisik yg pertama kali dilihat, penuh gairah dan penuh gelora cintanya, sangat sensitive terhadapa ketidaksempurnaan fisik dirinya sendiri maupun pasangannya, memiliki ikatan emosional terhadap orang yg dicintai.

Ludos adalah tipe cinta yg menganggap cinta merupakan permainan. Tidak memiliki komitmen, tidak pernah ada rasa kecemburuan yg sesungguhnya. Tanpa adanya komitmen dan kecemburuan maka tipe Ludos ini menganggap bahwa mereka terbebas dari kecemasan dan akan merasa selalu senang, bagi mereka hal inilah yg dinamakan cinta yg sebenarnya. Tipe ludos ini mudah selingkuh karena baginya cinta adalah sebuah permainan.

Storge adalah tipe orang mencintai seseorang dan menganggap hubungannya sama seperti persahabatan. Biasanya dalam tipe ini jarang ada ucapan cinta seperti ‘aku sayang kamu’. Namun meskipun begitu Ludos memiliki komitmen dan kepercayaan yg kuat terhadap pasangan. Ludos tidak menjadikan seks dan fisik menjadi hal yg utama, baginya komitmen dan kepercayaan saja sudah cukup.

Namun ada juga tipe cinta yg dikombinasikan antara Eros, Ludos, dan Storge.
1.       Tipe cinta kombinasi Eros dan Ludos
·         Cinta yg penuh dengan rasa kecemburuan dan takut kehilangan sehingga cenderung posesif dan terlalu mengatur.
·         Cinta yg obsesif dan intens.
·         Adanya kebutuhan yg sangat besar untuk dicinta dan jaminan cinta akan terus bertahan selamanya.
2.       Tipe cinta pragma (kombinasi Ludos dan Storge)
·         Bagi mereka cinta dipandang sebagai sesuatu yg mudah
·         Pragma juga mempertimbangkan faktor kesamaan. Misalnya umur, tingkat pendidikan, etnis, pekerjaan, dan lainnya.
·         Mendetail dalam mencarai pasangan.
3.       Tipe agape (kombinasi eros dan storge)
·         Menyampingkan kepentingan pribadi
·         Cinta dilihat sebagai persahabatan

Termasuk yg manakah anda dalam mencintai seseorang? J



Tidak ada komentar:

Posting Komentar