Kamis, 16 Januari 2014

Dampak Sosial Dari Interaksi Manusia Dan Internet Dilihat Dari Berbagai Tinjauan Bidang Psikologis.

Manusia dan Internet merupakan sebuah interaksi yang sangat melekat pada masa kini, manusia sangat membutuhkan internet untuk kebutuhan sehari-hari. Internet sangat universal untuk interaksi manusia baik untuk pekerjaan, tugas sekolah atau kuliah, maupun komunikasi untuk kepentingan pribadi. Internet kini sangat mudah diakses dan terjangkau untuk kalangan masyarakat bawah hingga atas, semua orang bisa dengan mudah mengakses internet kapan saja serta dimana saja.  Internet sangat berpengaruh terhadap pekerjaan, karena internet memang sangat menguntungkan untuk penggunanya. Teknologi internet sangat mempengaruhi perilaku manusia, dimana teknologi ini dapat menghubungkan antara satu komputer dengan komputer lain  dibelahan dunia lain. Penggunaan internet sebagai salah satu cara untuk mengburangi loneliness. pada individu yang mengalami loneliness apabila ia banyak menghabiskan waktu banyak waktu sendirian di depan computer baik di kantor maupun dirumahnya maka orang tersebut akan menyediakan waktu lebih sedikit untuk hubungan tatap muka di dunia nyata dan mengurangi kesempatannya untuk berinteraksi dengan orang lain.
Semakin majunya teknologi internet mau tidak mau memberi dampak bagi pemakainya. Baik itu positif atau negatif pasti ada pengaruhnya.
 Berikut ini adalah dampak-dampak dari interaksi manusia dengan internet ditinjau dari bidang psikologi:
  •  Manusia menjadi individual dan semakin pasif terhadap lingkungan
  • Manusia secara tidak sadar mengurangi interaksi antar manusia dalam dunia nyata karena semakin seringnya memegang gadget
  • Manusia menjadi maalas belajar karena terlalu asik bermain internet
  • Mempengaruhi pola pikir masyarakat menjadi sekularisme
  • Manusia menjadi semakin inovatif dan kreatif karena semakin mudahnya akses informasi
  • Mengikis kecintaan masyarakat kepada budaya aslinya, akses mudah yang diberikan internet mengenai dunia luar bisa mempengaruhi kebudayaan suatu masyarakat.
  • Mengurangi kesenjangan informasi antara masyarakat desa dan kota, karena masyarakat desa pun kini bisa mengakses informasi yang sama dengan masyarakat yang ada di perkotaan.



sumber: 

http://worldalternativeenergy.wordpress.com/2013/11/13/psikologi-dan-internet-dalam-lingkup-transpersonal-12-dampak-sosial-dari-interaksi-manusia-dan-internet/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar