Sabtu, 04 Oktober 2014

Psi. Manajemen. Perencanaan Bisnis.

Nama : Eva Jayanti Ruspita
Kelas : 3PA08
NPM : 12512573
PSIKOLOGI MANAJEMEN

Suatu bisnis bisa dikatakan sukses apabila mempunyai perencanaan yang matang. Perencanaan disini adalah suatu proses mempersiapkan kegiatan-kegiatan bisnis yang akan dilakukan secara sistematis untuk mencapai tujuan bisnis yang telah ditetapkan. Dalam hal ini yang dimaksud tujuan adalah keuntungan yang sesuai dan memperkecil peluang rugi dalam bisnis tersebut. Perencanaan yang dibuat pun harus mampu menjawab pertanyaan 5W+1H. Mari kita simak perencanaan bisnis yang akan saya buat.

1.       WHAT
Apa bisnis yang dijalankan? Bisnis yang akan saya jalankan disini adalah bisnis binder kulit. Binder yang dimaksud disini bukan sekedar binder biasa yang toko-toko lainnya tawarkan, melainkan binder yang customernya itu sendiri dapat memesan gambar sesuai apa yang diinginkan serta bukan dari bahan plastik seperti binder pada umumnya, namun bahannya berasal dari kulit sintetis.  
2.       WHY
Mengapa saya memilih bisnis ini? Karena menurut saya bisnis ini unik, apalagi belum banyak toko yang menyediakan ini sehingga ‘saingan’ dalam bisnis ini pun tidak terlalu ketat. Selain itu, pelajar atau mahasiswa jaman sekarang ini menurut saya lebih menyukai hal yang unik dibanding dengan hal yang mainstream. Jadi menurut saya, bisnis ini cukup memiliki peluang di pasaran.
3.       WHERE
Dimana tempat yang sesuai untuk menjalankan bisnis ini? Karena sasaran pasar kami adalah kalangan pelajar atau mahasiswa maka tempat yang sesuai adalah lokasi yang strategis yaitu di dekat sekolah-sekolah atau kampus-kampus di Jakarta.
4.       WHEN
Dalam hal ini mungkin ada pasang surutnya karena berhubungan dengan musiman. Diperkirakan puncak permintaan akan meningkat ketika tahun ajaran baru karena pelajar atau mahasiswa yang baru masuk akan butuh binder ini. Namun, kami akan membuka toko setiap hari untuk mencegah permintaan yang overload.
5.       WHO
Siapa yang akan menjalankan bisnis ini? Saya sebagai owner, namun saya membutuhkan beberapa pekerja yang profesional dalam bidang jahit-menjahit kulit serta bagian marketing yang memasarkan produk ini.
6.       HOW

Bagaimana cara memasarkan produk ini? Selain menggunakan brosur yang disebar secara acak diberbagai tempat, kami pun juga akan memasarkan produk ini lewat internet. Rencananya kami juga akan membuat website, instagram, dan twitter untuk bisnis ini sehingga para konsumen yang berada di luar Jakarta pun tetap bisa membeli produk kami. Menurut kami, pemasaran lewat internet cukup menjanjikan karena sebagian besar pelajar atau mahasiswa aktif di dunia maya tersebut sehingga kami memiliki peluang yang cukup besar dalam memperkenalkan produk kami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar