Minggu, 11 Januari 2015

Kontrol Dalam Manajemen

Nama : Eva Jayanti Ruspita
Kelas : 3PA08
NPM : 12512573
Psikologi Manajemen

                                                       Kontrol Dalam Manajemen             
Kontrol atau pengendalian dalam manajemen adalah upaya sistematis untuk mereview kembali antara perencanaan dan kinerja di lapangan untuk mencapai tujuan tertentu. Dengan kata lain kontrol atau pengendalian dalam manajemen adalah membandingkan kinerja dengan standar yang telah ditentukan, rencana, atau tujuan untuk menentukan apakah kinerja tersebut sejalan dengan standar yang ada serta juga mencakup proses bagaimana para manajer mempengaruhi anggota lainnya untuk mencapai tujuan perusahaan melalui strategi tertentu.

Dari definisi tersebut dapat dinyatakan bahwa ada hubungan yang erat antara perencanaan dan pengendalian. Perencanaan adalah suatu proses dimana tujuan organisasi dan metode untuk mencapai tujuan ditetapkan dan pengendalian adalah proses yang mengukur dan mengarahkan kinerja aktual kepada tujuan yang direncanakan organisasi. Pengendalian manajemen tidak harus semua hal harus sesuai dari rencana yang telah ditentukan sebelumnya, seperti anggaran. Rencana tersebut diformulasikan, dengan kata lain mematuhi anggaran tidaklah selalu baik dan penyimpangan dalam anggaran tidaklah selalu buruk namun penyimpangan harus tetap dapat di kontrol.

Tujuan kontrol atau pengendalian manajemen adalah untuk memotivasi dan memberi semangat kepada para anggota organisasi, dan selanjutnya mencapai tujuan organisasi. Ini merupakan proses mendeteksi dan memperbaiki kesalahan-kesalahan yang tidak disengaja.

Elemen-elemen sistem kontrol, yaitu:
1.      Karakteristik atau kondisi yang akan dikontrol
Karakteristik atau kondisi dari sistem operasi yang akan diukur. Karakteristik dapat berupa output dari sistem dalam tahap pemrosesan atau mungkin suatu kondisi yang merupakan hasil dari sistem. Sebagai contoh dalam sistem sekolah dasar para jam kerja guru atau keunggulan pengetahuan yang ditunjukkan oleh siswa pada ujian nasional adalah contoh karakteristik yang dapat dipilih untuk pengukuran atau kontrol.
2.      Sensor
Merupakan sarana untuk mengukur karakteristik atau kondisi. Sebagai contoh dalam sistem kontrol pengukuran kualitas dapat diandaikan oleh inspeksi visual dari produk.
3.      Komparator
Menentukan kebutuhan koreksi dengan membandingkan apa yang terjadi dengan apa yang telah direncanakan. Beberapa penyimpangan dari rencana adalah biasa dan diharapkan, tetapi ketika berada di luar variasi yang dapat diterima tindakan korektif diperlukan. Ini melibatkan semacam tindakan pencegahan yang menunjukkan bahwa kontrol yang baik sedang dicapai.
4.      Aktivator
Tindakan korektif diambil untuk mengembalikan sistem ke output yang diharapkan. Contohnya adalah seorang karyawan diarahkan ulang untuk bagian-bagian yang gagal lulus pemeriksaan mutu atau kepala sekolah yang memutuskan untuk membeli buku-buku tambahan untuk meningkatkan kualitas siswa. Selama rencana dilakukan dalam batas-batas yang diijinkan tindakan korektif tidak diperlukan.

Kegiatan Pengendalian Manajemen meliputi :
-          Merencanakan apa yang seharusnya dilakukan oleh organisasi.
-          Mengkoordinasikan aktivitas-aktivitas dari beberapa bagian organisasi.
-          Mengomunikasikan informasi.
-          Mengevaluasi informasi.
-          Memutuskan tindakan apa yang seharusnya diambil jika ada.

Kontrol dapat dikelompokkan berdasarkan tiga klasifikasi umum :
·         Sifat arus informasi yang dirancang ke dalam sistem (kontrol berulang terbuka atau tertutup)
·         Jenis komponen yang termasuk dalam desain (Sistem kontrol manusia atau mesin)
·         Hubungan kontrol dengan proses pengambilan keputusan (kontrol organisasi atau operasional)








Sumber:
Richard Arvid Johnson (1976). Management, systems, and society : an introduction. Pacific Palisades, Calif.: Goodyear Pub. Co. pp. 148–142. Dari: http://en.wikipedia.org/wiki/Control_%28management%29 , 24 November 2013

Samuel Eilon (1979). Management control. Boston, Mass.: Harvard Business School Press. Dari: http://en.wikipedia.org/wiki/Control_%28management%29 , 24 November 2013

http://www.academia.edu/5114193/MAKALAH_SISTEM_PENGENDALIAN_MANAJEMEN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar