Kamis, 03 Oktober 2013

NETIQUETTE (Flaming, Trolling, dan Junking)

Netiquette merupakan gabungan kata network dan etiquette, ini merupakan kode sosial pada komunikasi jaringan. Netiquette juga bisa diartikan sebagai kode sosial dan moral dalam berinternet yang didasari oleh kondisi manusia. Arti dari netiquette yang lain yaitu filosofi mengenai komunikasi internet efektif yang berisi norma-norma sebagai petunjuk mengenai standar dalam berinternet.

Peraturan umum dalam berinternet (netiquette) yang penting untuk kita ketahui yaitu:
1.  Spell check. Pastikan bahwa kata-kata yang kamu tulis sudah benar dan sudah kamu baca ulang. Karena     penulisan yang salah dapat menurunkan kredibilitas dari pesan yang disampaikan.
2. Jangan menulis semua kalimat dengan huruf kapital. Hal ini dapat menyebabkan orang menganggap kamu       bicara sembari berteriak.
3. Jujur! Kejujuran memberikan pengalaman yang baik.
4. Jadilah dirimu sendiri. Lakukan hal yang akan kamu lakukan di dunia nyata.
5. Jangan mudah terbakar atau merespon pada sumber pertengkaran.
6. Jangan menyampah (spamming) karena dapat menyebabkan munculnya virus.
7. Jadilah konserfatif dalam email yang kamu kirim dan liberal dalam email yang kamu terima.
8. Sebaiknya tidak mengirim email di malam hari. Tidak semua orang masih bangun di waktu malam.
9. Bijaksanalah dalam membagi informasi secara online demi kepentingan privasi pribadi dan pekerjaan


a.          Flaming
Flaming adalah tindakan posting atau mengirim pesan yang tidak sopan melalui Internet. Daerah yang paling umum     di mana flaming terjadi adalah forum diskusi online, yang juga disebut buletin board.

b.    Trolling
Troll adalah seseorang yang posting inflamasi, asing, atau pesan di luar topik dalam komunitas online, seperti forum diskusi online, chat room, atau blog, dengan tujuan utama memprovokasi pengguna lain ke dalam tanggapan emosional yang diinginkan atau dinyatakan mengganggu normal pada topik diskusi. Selain poster menyinggung, kata benda "troll" juga dapat merujuk ke pesan yang provokatif itu sendiri.

c.         Junking
Junk adalah kata kata yang tidak berguna untuk dipost dan apalagi niatnya cuma sekedar buat nambahin jumlah post yang tidak penting. Contoh junk:
A : nanananana
B : fjhdjfhebejfdgkjg
A : hahahahahaha



Contoh kasus netiquette:
Ada seorang siswi SMA yang mendapat hukuman dari sekolahnya, kemudian ia mempost kata-kata kasar di akun sosialnya di internet sehingga terkesan menjelekkan guru dan sekolah tersebut. Pada suatu waktu ada teman sekolahnya yang mengadukan tindakan siswi tersebut ke pihak sekolah, sehingga menyebabkan siswi tersebut mendapat kasus baru disekolahnya atau sampai di skors oleh sekolah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar