Media sosial adalah sebuah media online, dengan para
penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi
blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan
wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat
di seluruh dunia.
a.
Definisi prososial
Perilaku prososial meliputi segala bentuk tindakan yang
dilakukan atau direncanakan untuk menolong, tanpa memperhatikan motif
penolongnya. Perilaku prososial mencakup kategori yang lebih luas yaitu
meliputi segala bentuk tindakan yang dilakukan atau direncanakan untuk menolong
dan bermanfaat bagi orang lain, tanpa memperdulikan motif-motif si penolong.
Peran sosial dalam penggunaan internet adalah mendapatkan
informasi dari tindakan prososial yang sangat berguna bagi orang lain. Seseorang
yang memiliki jiwa sosial cenderung berperilaku prososial karena ia sanggup
untuk bekerja sama, berbagi, dan menghibur bagi orang lain selain dirinya
sendiri.
b.
Dampak negatif penggunaan internet
1.
Anti sosial
antisosial adalah gangguan di mana penderitanya tidak peduli dengan hak
orang lain. Tindakan mereka tidak didasarkan pada apa pun kecuali hasrat mereka
sendiri. Orang dengan gangguan ini menunjukkan pola perilaku impulsif, tidak
bertanggung jawab, tidak dipikirkan, dan kadang-kadang kriminal. Mereka
seringkali cerdas dan pandai berbicara, dengan kemampuan untuk mempesona dan
memanipulasi orang lain. Mereka dapat menjadi penjahat keji yang sangat
berbahaya bagi masyarakat karena kemampuan mereka untuk mendapatkan kepercayaan
dari orang lain dikombinasikan dengan kurangnya kesadaran atau rasa bersalah.
2.
Pornografi
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pornografi adalah penggambaran
tingkah laku secara erotis dengan lukisan atau tulisan untuk membangkitkan
nafsu birahi. Namun seiring dengan perkembangan teknologi kirin pornografi
lebih mudah disebar melalui media sosial teknologi. Inilah salah satu dampak
negatif dari teknologi. Pornografi jaman sekarang ini lebih mudah di akses,
disinilah peran orang tua ‘bermain’. Orang tua juga harus mengawasi anaknya
dalam lingkungan media sosial teknologi.
3.
Gambling
Gambling adalah perjudian. Sejak pesatnya kemajuan teknologi sekarang ini
tidak dapat dipungkiri bahwa perjudian juga semakin marak, bahkan dalam games
dunia online pun mengajarkan beberapa permainan yang menyangkut perjudian,
antara lain Sociable Games, Analytical Games, dan masih banyak lagi. Ini adalah
langkah awal mengajarkan anak berjudi dalam suatu permainan.
4.
Deindividuasi
Deindividuasi juga merupakan proses hilangnya kesadaran individu karena
melebur di
dalam
kelompok (pikiran kolektif). Keadaan deindividuasi ini dapat membawa individu
pada perilaku yang melanggar norma, seperti membakar orang hidup-hidup, serta
memutilasi orang. keadaan ini biasanya juga terjadi di kota-kota besar yang
padat penduduk. Menurut Lorenz, deindividuasi dapat mengarahkan individu kepada
keleluasaan dalam melakukan agresi
sehingga agresi yang dilakukan bisa lebih intens. Hal itu didukung penelitian penjara
tiruan oleh Zimbardo dan kolega-koleganya. Deindividuasi mengurangi peran
identitas diri atau personalitas individu pelaku ataupun korbannya. Pada kondisi normal, identitas diri berfungsi
mambatasi intensitas agresi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar