Minggu, 11 Oktober 2015

#SIP Arsitektur Komputer dan Struktur Kognisi Manusia

Nama: Eva Jayanti Ruspita
Kelas: 4PA08
NPM: 12512573

Arsitektur Komputer
sumber: google
Arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer . Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya).
Komponen-komponen komputer:
Komponen – komponen dalam sistem komputer terbagi 3, yaitu:
1.      Hardware ( Perangkat Keras)
Perangkat yang dapat kita lihat dan dapat kita sentuh secara fisik, seperti perangkat perangkat masukan, perangkat pemroses,maupun perangkat keluaran.
a.       Processing Device (CPU)CPU ( Central Processing Unit ) berperanan untuk memproses arahan, melaksanakan pengiraan danmenguruskan laluan informasi menerusi system komputer.Unit atau peranti pemprosesan juga akan berkomunikasi dengan peranti input , output dan storan bagi melaksanakanarahan-arahan berkaitan. Dalam komputer-komputer modern, kedua unit initerletak dalam satu sirkuit terpadu (IC - Integrated Circuit),yang biasanya disebut CPU (Central Processing Unit). CPU memiliki fungsi adalah program-program yang disimpandalam memori utama dengan cara mengambil instruksi-instruksi, menguji instruksi tersebut dan mengeksekusinyasatu persatu sesuai perintah. Pandangan sederhananya adalah operasi pembacaan instruksi (fetch) dan operasi pelaksanaaninstruksi ( execute ).
b.      Input and Output Device
I/O membolehkan komputer mendapatkan informasidari dunia luar, dan menaruh hasil kerjanya di sana, dapatberbentuk fisik (hardcopy) atau non fisik (softcopy). Ada berbagai macam alat I/O, dari yang akrab keyboard, monitordan disk drive, ke yang lebih tidak biasa seperti webcam(kamera web, printer, scanner, dan sebagainya.Yang dimiliki oleh semua alat masukan biasa ialahbahwa mereka meng-encode (mengubah) informasi dari suatu macam ke dalam data yang bisa diolah lebih lanjut oleh sistem komputer digital. Alat output, men-decode data kedalam informasi yang bisa dimengerti oleh pemakai komputer.
1)      Input Device
Input Device adalah perangkat keras komputer yangberfungsi sebagai alat untuk memasukan data atauperintah ke dalam komputer. Alat-alatnya adalah Keyboard, Pointing Device, Mouse, Touch screen, Digitizer Grapich Tablet, Scanner, Microphone
2)      Output Device
Output Device adalah perangkat keras komputer yangberfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasilpengolahan data. Keluaran dapat berupa hard-copy (kekertas), soft-copy (ke monitor), ataupun berupa suara. Alatnya antara lain adalah Monitor, Printer, Speaker.
c.       Storage DeviceRegister CPU berukuran kecil sehingga tidak dapatmenyimpan semua informasi, maka CPU harus dilengkapidengan alat penyimpan berkapasitas lebih besar yaitu memoriutama. Terbagi menjadi dua yaitu:
1)      Internal StorageAdalah media penyimpanan yang terdapat didalam komputer yaitu:
·         RAM ( Random Access Memory )Untuk menyimpan program yang kita olah untuksementara waktu. Dapat diakses secara acak ( dapatdiisi/ditulis, diambil, atau dihapus isinya ).
·         ROM ( Read Only Memori )Memori yang hanya bisa dibaca dan bergunasebagai penyedia informasi pada saat komputer pertamakali dinyalakan. Hanya dapat dibaca, tidak bisa mengisisesuatu ke dalam ROM, sudah diisi oleh pabrikpembuatnya. Berupa sistem operasi yg terdiri dariprogram pokok, seperti program untuk mengaturpenampilan karakter di layar, pengisian tombol kuncipapan ketik untuk keperluan kontrol tertentu, dan bootstrap program. Program bootstrap diperlukan pada saat pertama kali sistem komputer diaktifkan (booting),yang dapat berupa cold booting atau warm booting.
2)      External StoragePerangkat keras untuk melakukan operasi penulisan,pembacaan & penyimpanan data, di luar komponen utama,yaitu Floppy Disk, Hard Disk, CD Room, DVD
2.      Software ( Perangkat Lunak)
Software merupaka rangkaian prosedur dan dokumentasi program yang berfungsi menyelesaikan masalah yang dikehendaki. Merupakan data elektronik yang disimpan sedemikian rupa oleh komputer itu sendiri, data yang disimpan ini dapat berupa program atau instruksi yang akan dijalankan oleh perintah, maupun catatan-catatan yang diperlukan oleh komputer untuk menjalankan perintah yangdijalankannya.
3.      Brainware
Brainware adalah orang yang mengoperasikan sebuah komputer, karena jika tidak ada orang yang mengoperasikan makatidak akan dapat digunakan

Kognisi dan Struktur Kognisi
sumber: google
Kognisi menurut Howard (dalam Basuki, 2008) merupakan pemrosesan informasi dengan tiga pendekatan yaitu pendekatan pertama menekankan cara mengetahui (knowing) dan bukan cara memberikan respon (responding), pendekatan kedua menekankan pada struktur mental atau pengorganisasian, dan pendekata ketiga mempersepsikan individu sebagai makhluk yang aktif, konstruktif, berencana, dan bukan makhluk yang pasif menerima stimulus dari lingkungan.
Sedangkan struktur kognisi manusia adalah skema yang mempelajari perihal pemrosesan informasi yang terjadi pada manusia dari sesuatu yang sederhana yang berasal dari panca indera kemudian dijadikannya kompleks didalam otak.

Hubungan antara arsitektur komputer dengan struktur kognisi manusia.
Jika membahas masalah arsitektur komputer dengan struktur kognisi manusia jelas kita berpendapat bahwa dua hal tersebut adalah hal yang berbeda dimana arsitektur komputer merupakan alat yang dibuat oleh manusia sedangkan struktur kognisi manusia merupakan anugrah ciptaan Tuhan YME. Namun, ternyata terdapat hubungan antara kedua hal tersebut. Arsitektur komputer merupakan hasil dari pemikiran manusia, dengan kata lain merupakan hasil dari struktur kognisi manusia yang bekerja secara produktif. Selain itu, hubungan timbal balik juga terjadi antara arsitektur komputer dengan struktur kognisi manusia dimana dengan adanya komputer ini dapat memudahkan manusia dalam kesehariannya terutama dalam mencari informasi.
Dalam prosesnya juga terjadi kesamaan antara keduanya yaitu terdapat input, storage, dan output. Input dalam arsitektur komputer dapat berupa keyboard atau mouse, sedangkan input dalam stuktur kognisi manusia berasal dari panca indera.
Kelebihan dan kekurangan struktur kognisi manusia dengan arsitektur komputer
Kelebihan:
-          Manusia memiliki emosi
-        Manusia mampu membuat kesimpulan atau pun mampu mengkaitkan satu kejadian dengan kejadian lainnya
-          Pemikiran manusia lebih kompleks

Kekurangan:
-          Dalam pemrosesan recall, manusia lebih lambat.
-          Sewaktu-waktu informasi yang tersimpan dapat terhapus atau bisa disebut dengan lupa
-          Dalam pengoperasian matematika, manusia lebih lambat

Kelebihan arsitektur komputer dibanding dengan struktur kognisi manusia:
Solso, Maclin, & Maclin (2007) menyatakan bahwa walaupun komputer memiliki banyak kelebihan, namun komputer juga memiliki banyak kekurangan dibandingkan dengan kognitif manusia, yaitu:
Kelebihan:
-          Pada umumnya komputer dapat melakukan operasi matematika dan logika dengan sangat cepat
-          Komputer dapat menguji model-model kognitif dengan sumber daya ruang dan waktu yang lebih hemat
-          Dalam waktu yang sama, komputer dapat melakukan ribuan simulasi dan menghasilkan ribuan data, dan lain-lain

Kelemahan:
-          Komputer tidak memiliki emosi seperti manusia
-          Komputer tidak dapat melakukan generalisasi
-          Komputer tidak mampu memahami pola-pola yang kompleks
-          Komputer tidak mampu membuat kesimpulan
-          Manusia lebih unggul dalam mengenali wajah, dan lain-lain



daftar pustaka:

Basuki,  A. M. H. (2008). Psikologi umum. Jakarta: Universitas Gunadarma


Solso, R., Maclin, O. H., & Maclin, M.K. (2007). Psikologi Kognitif. Jakarta: Erlangga


Tidak ada komentar:

Posting Komentar