Sabtu, 07 November 2015

#SIP Computer Based Information System (CBIS)

Nama: Eva Jayanti Ruspita
NPM: 12512573
Kelas: 4PA08


Perkembangan teknologi komputer makin hari makin modern. Banyak program-program komputer yang sengaja dirancang untuk memudahkan kegiatan manusia dalam mengelola informasi. Tidak jarang juga banyak aplikasi-aplikasi yang mendukung manusia dalam menjalankan aktifitasnya. Seluruh aplikasi program komputer atau lebih dikenal dengan software lebih dikenal dengan sistem informasi berbasis komputer (Computer Based Information System) atau CBIS.
Menurut Fatta (2007) Istilah Computer Based Information System (CBIS) sebenarnya mengacu pada sistem informasi yang dikembangkan berbasis komputer. Sedangkan menurut Umar (2005) CBIS sebenarnya mengacu pada evolusi sistem informasi yang berbasiskan komputer yang tahaannya memperlihatkan perkembangan kemajuan teknologi sistem informasi sekaligus pemanfaatannya oleh orang-orang yang berkepentingan dalam perusahaan.
CBIS = Hardware + Software + People + Procedures + Information

Stair (dalam Fatta, 2007) menjelaskan bahwa sistem informasi berbasis computer atau CBIS (Computer Based Information System) dalam suatu organisasi terdiri dari komponen-komponen berikut:
a      
a.       Perangkat Keras
    Perangkat keras yaitu perangkat keras komponen untuk melengkapi kegiatan memasukkan data, memproses data, dan keluaran data.
b.      Perangkat Lunak
      Perangkat lunak yaitu program dan isntruksi yang diberikan ke komputer.
c.       Database
    Database yaitu kumpulan data dan informasi yang diprganisasikan sedemikian rupa sehigga mudah diakses pengguna sistem informasi.
d.      Telekomunikasi
     Telekomunikasi yaitu komunikasi yang menghubungkan antara pengguna sistem dengan sistem komputer secara bersama-sama ke dalam suatu jaringan kerja yang efektif.
e.       Manusia
   Manusia yaitu personel dari sistem informasi, meliputi manajer, analisis, programmer, dan operator, serta bertanggung jawab terhadap perawatan sistem.

      Menurut Fatta (2007) CBIS biasanya dibedakan menjadi beberapa tipe aplikasi yaitu 
a.       Transaction Processing Systems (TPS)
TPS adalah sistem informasi terkomputerisasi yang dikembangkan untuk memproses sejumlah besar data untuk transaksi bisnis rutin.
b.      Sistem Informasi Manajeme (SIM)
SIM adalah sebuah sistem informasi pada level manajemen yang berfungsi untuk membantu perencanaan, pengendalian, dan pengambilan keputusan dengan menyediakan resume rutin dan laporan-laporan tertentu.
c.       Decision Support System (DSS)
DSS merupakan sistem informasi pada level manajemen dari suatu organisasi yang mengobinasikan data dan modek analisis cangguh atau peralatan data analisis untuk mendukung pengambilan yang semi terstruktur dan tidak terstruktur.
d.      Expert System (ES)
ES merupakan representasi pengetahuan yang menggambarkan cara seorang ahli dalam mendekati suatu masalah. ES lebih berpusat pada bagaimana mengodekan dan memanipulasi pengetahuan dari informasi.




Sumber:
Fatta, H. A. (2007). Analisis dan perancangan sistem informasi: Untuk keunggulan bersaing perusahaan dan organisasi modern. Yogyakarta: ANDI

Umar, H. (2005). Evaluasi kinerja perusahaan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Saliman. (2012). Sistem Informasi Berbasis Komputer. Diakses pada 08 November 2015 http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/penelitian/Saliman,%20Drs.%20M.Pd./CBIS.pdf



Tidak ada komentar:

Posting Komentar