Minggu, 20 Januari 2013

BAB III (Konsepsi Ilmu Budaya Dasar Dalam Kesusastraan)

Hampir disetiap jaman , seni termasuk sastra memegang peranan penting dalam humanities. Ini dikarenakan seni merupakan ekspresi nilai kemanusiaan, dan bukannya formulasi nilai kemanusiaan yang seperti teradapat di filsafat dan agama. Karena seni adalah ekspresi yang nilainya tidak normative, seni lebih mudah berkomunikasi sehingga lebih fleksibel baik isinya maupun cara menyampaikannya.

Hampir di setiap jaman pula, sastra mempunyai peranan penting . alas an pertama yakni sastra mempergunakan bahasa yang dimana bahasa mampu menampung hamper semua pernyataan kegiatan manusia. Sastra juga lebih mudah berkomunikasi karena pada hakekatnya sastra merupakan penjabaran abstraksi.

Prosa merupakan salah satu yang dikaitan dengan ilmu budaya dasar. Adapun nilai-nilai yang diperoleh lewat sastra, antara lain memberikan kesenangan, memberikan informasi, memberikan wawasan kultural, memberikan keseimbngan wawasan. Jenis-jenis prosa adalah:
1. Dongeng- dongeng
2. Hikayat
3. Sejarah
4. Epos
5. Cerita pelipur lara
6. Cerita pendek
7. roman/ novel
8. Biografi
9. Kisah
10. Otobiografi


Selain prosa, puisi juga dikaitkan dengan ilmu budaya dasar. Alasan yang mendasari kenapa ilmu budaya dasar mempelajari puisi itu dikarenakan puisi mengandung hubungan manusia dan pengalaman hidup manusia, kesadaran individual dan kesadaran. Kepuitisan atau keartistikan suatu puisi disebabkan oleh kreativitas penyair dalam membangun puisinya menggunakan;1. Figura bahasa
2. Kata-kata yang ambiquitas
3. Kata-kata yang berjiwa
4. Kata-kata yang konotatif
5. Pengulangan

Alasan yang mendasari penyajian puisi pada perkuliahan ilmu budaya dasar,yakni;
1. Hubungan puisi dengan pengalaman hidup manusia
2. Puisi dan kesadaran individual
3. Puisi dan keinsyafan social

Tidak ada komentar:

Posting Komentar