Senin, 09 November 2015

#SIP Software Pengolah Database

Basis data atau database, berasal dari kata basis dan data.basis dapat diartikan sebagai markas atau gudang, tempat bersarang atau berkumpul. Adapun data adalah representasi fakta dunia nyata yang mewakili suatu objek seperti manusia, barang, hewan, peristiwa, konsep, keadaan, dan sebagainya. Basis data (database) adalah kumpulan file yang saling berelasi yang disimpan dalam media penyimpanan elektronik. (Djahir dan Pratita, 2015)
Software merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk melakukan pengelolaan data (Utami dan Sukrisno, 2005)
Software database merupakan sebuah perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola database.
Berikut ini akan dijelaskan 3 software pengolah database:
     1.      MySQL
MySQL pertaman kali dirintis oleh seorang programmer database bernama Michael Widenius. mySQL adalah program database yang mampu mengirim dan menerima data dengan sangat cepat dan multi user. MySQL memiliki dua bentuk lisensi, yaitu free software dan shareware. Beberapa keuntungan MySQL diantaranya merupakan server tercepat, mempunyai performa yang tinggi tapi simple, semua klien dapat mengakses server dalam satu waktu, tanpa harus menunggu yang lain untuk mengakses database, database MySQL dapat diakses dari semua tempat internet dengan hak akses tertentu. MySQL merupakan database yang paling popular diantara database-database yang lain. (Wahana Komputer, 2010)


      2.      Oracle
Oracle adalah sistem basis data yang memimpin pasar dalam komunitas basis data dan terutama digunakan untuk aplikasi berukuran sangat besar dan sangat kompleks. Oracle memiliki kelemahan dalam hal kerumitan dan kompleksitasnya saat pengguna yang tidak terlalu mahir mencoba administrasi atas data-data yang disimpan di dalamnya.  Secara umum oracle memiliki lebih banyak fitur yang memungkinkan administrator basis data dapat mengelola data-data di dalamnya secara lebih akurat, sehingga oracle lebih sesuai untuk digunakan sebagai sistem basis data untuk aplikasi yang berukurang sangat besar dan sangat kompleks (Nugroho, 2010)

      3.      Firebird
Firebird adalah sistem manajemen basis data relasional yang menawarkan fitur-fitur yang terdapat dalam standar ANSI SQL-99 dan SQL-2003. RDBMS ini berjalan baik di Linux, Windows, maupun pada sejumlah platform Unix. Firebird di diarahkan dan di-maintain oleh FirebirdSQL Foundation yang merupakan turunan dari Interbase versi open source milik Borland. Modul-modul kode baru ditambahkan pada Firebird dan berlisensi di bawah Initial Developer’s Public License (IDPL), sementara modul-modul aslinya dirilis oleh Inprise berlisensi di bawah InterBase Public License 1.0. Kedua lisensi tersebut merupakan versi modifikasi dari Mozilla Public License 1.1. Selain dari software-software diatas, masih banyak lagi softwarenya seperti dBase, syBase, Informix, FoxPro, DB2.



Sumber:
Djahir, Y., dan Pratita, D. (2015). Bahan ajar sistem informasi manajemen. Yogyakarta: Deepublish.
Utami, E., dan Sukrisno. (2005). Konsep dasar pengolahan dan pemrograman database dengan sql server, ms access, dan ms visual basic. Yogyakarta: ANDI
Wahana Komputer. (2010). Panduan belajar mysql database server. Jakarta: Mediakita
Nugroho, A. (2010). Mengembangkan aplikasi basis data menggunakan c# dan sql server. Yogyakarta: ANDI
Simarmata, J. (2007). Perancangan basis data. Yogyakarta: ANDI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar